Rabu, 01 Februari 2012

Amir bin Fuhairah RA


           Amir bin Fuhairah RA adalah hamba sahaya milik Abu Bakar yang telah dibebaskan. Sungguh Islam telah mengangkat derajat seseorang, dari seorang budak, ia dimuliakan tiada tara karena akhirnya ia menjadi seorang hafidz (Seseorang yang Hafal) Al Qur'an.
Ketika Nabi SAW dan Abu Bakar berhijrah ke Madinah, dua orang bersahabat ini bersembunyi di Gua Tsur selama tiga hari untuk menghindari pengejaran kaum Quraisy. Dalam tiga hari tersebut, Amir menggembalakan kambing seperti biasanya bersama penggembala lain, tetapi ketika pulang, ia berlambat-lambat hingga gelap malam, dan membawa kambing-kambing tersebut ke Gua Tsur, sehingga Nabi SAW dan Abu Bakar dapat meminum susunya. Pada pagi harinya ia telah berada di padang gembalaan bersama dengan penggembala lainnya, sehingga orang-orang kafir Quraisy sama sekali tidak curiga atas apa yang dilakukannya.
Sebagai seorang Hafidz Qur'an, ia dipilih Nabi SAW menjadi salah satu dari 70 sahabat yang dikirim kepada Bani Amir di Najd untuk mendakwahi mereka. Tetapi kelompok dakwah sahabat ini dikhianati  dan mengalami tragedi pembantaian di Bi'r Ma'unah. Ketika tombak telah menembus tubuhnya, dalam keadaan sakit yang tidak terkira, Amir bin Fuhairah berkata, "Demi Allah, aku telah berjaya…" 
Setelah itu tubuhnya terkulai roboh, tetapi tiba-tiba jenazahnya terangkat ke langit. Kejadian ini disaksikan langsung oleh pembunuhnya, Jabbar bin Salma, dan selalu terngiang-ngiang ucapan Amir bin Fuhairah dan peristiwa ajaib tersebut. Di kemudian hari ia memperoleh penjelasan bahwa “kejayaan” dimaksud adalah surga. Jabbarpun akhirnya memeluk Islam karena peristiwa ini. Sungguh suatu tambahan kemuliaan bagi Amir, karena kesyahidannya membawa hidayah bagi orang lain. 
            Dalam riwayat lain, dikatakan bahwa sahabat yang ditombak oleh Jabbar tersebut adalah Haram bin Milhan.

2 komentar:

  1. ada riwayat menyatakan bahawa yg menikam Amir bin Fuhairah ialah Amir bin Tufail dan ketika dia menikam Amir bin Fuhairah keluar cahaya dari tempat tikaman itu. Amir bin Tufail masuk Islam setelah menyaksikan peristiwa ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum Wr Wb, memang benar ada riwayat seperti itu, tetapi Amir bin Thufail adalah 'otak' dari peristiwa Bir Maunah yang menewaskan para Huffadz tersebut. Dan pada tahun 10 H, Amir bin Thufail datang bersama kafilah Bani Amir bin Sha'sha'ah menyatakan tunduk pd Madinah, tetapi diam-diam ia bersekongkol dengan Arbad bin Qais untuk membunuh Nabi SAW, tetapi gagal. Pulangnya, Arbad tewas disambar petir dan Amir bin Thufail tewas di atas kudanya karena penyakit tenggorokan yang biasanya menjangkiti anak onta, Wallahu A'lam, Wass Wr Wb

      Hapus