Minggu, 21 September 2014

Wanita Berkulit Hitam Ahli Surga

Abdullah bin Abbas, saudara sepupu Nabi SAW sekaligus seorang sahabat ahli ilmu agama dan ahli tafsir Al Qur'an karena pernah didoakan beliau, suatu ketika berkata kepada "muridnya", seorang tabi'in bernama Atha' bin Abi Rabah, "Maukah aku tunjukkan padamu salah seorang wanita ahli Surga?"
"Ya, saya mau!!" Kata Atha'.
"Itulah dia orangnya!" Kata Ibnu Abbas, sambil menunjuk seorang wanita berkulit hitam yang baru melintas.
Kemudian Ibnu Abbas menceritakan bahwa wanita berkulit hitam tersebut pernah datang kepada Nabi SAW dan berkata, "Wahai Rasulullah, saya mempunyai seorang ayah yang sudah tua (yang saya harus merawatnya) dan saya  mempunyai penyakit ayan. Sesungguhnya pernah terbuka aurat saya karena penyakit saya tersebut, karena itu saya mohon engkau doakan kepada Allah agar penyakit saya sembuh!!"
Suatu permintaan yang wajar, karena ia mempunyai kewajiban atas ayahnya dan kemadharatan karena penyakitnya tersebut. Tetapi mendengar permintaan wanita tersebut, beliau hanya tersenyum, lalu bersabda, "Bila kamu mau bersabar atas semua itu, kamu (pasti) akan mendapatkan surga. Tetapi jika engkau tetap meminta, aku akan mendoakan kepada Allah agar Dia menyembuhkan penyakitmu itu!!"
Tanpa berfikir panjang, wanita berkulit hitam itu berkata, "Saya akan bersabar, ya Rasulullah!!"
Sesaat kemudian ia berkata lagi, "Wahai Rasulullah, terkadang aurat saya terbuka (ketika penyakit tersebut menyerang), karena itu doakanlah agar aurat saya tidak pernah terbuka lagi!!"
Kali ini Nabi SAW memenuhi permintaan wanita tersebut, karena merupakan sesuatu yang memang diperintahkan agama untuk menjaga aurat jangan sampai terbuka.
Wanita tersebut tetap menjalankan kewajibannya merawat ayahnya dengan menanggung penyakit ayan, yang sewaktu-waktu menyerangnya (kambuh), namun kali ini auratnya tidak lagi pernah terbuka ketika ia hilang kesadaran. Ia tetap menjalaninya dengan sabar sesuai janjinya kepada Nabi SAW. Karena itulah ketika melihatnya lagi, Abdullah bin Abbas berani menyatakan wanita berkulit hitam tersebut sebagai seorang "Ahli Surga" sebagaimana dijanjikan Nabi SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar