Kamis, 18 Desember 2014

Wabishah bin Ma'bad RA

Wabishah bin Ma’bad adalah seorang sahabat yang sangat “ambisius” untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Semua amalan wajib telah dilakukannya, begitu juga amalan sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW yang diketahuinya, dan yang dilakukan beberapa sahabat utama lainnya. Tetapi ia merasa masih mempunyai banyak waktu luang, dan tidak tahu lagi kebaikan apa yang harus dilakukannya.
Suatu ketika datang menghadap kepada Nabi SAW untuk menanyakan hal itu. Tetapi sebelum sempat menyampaikan maksudnya, beliau bersabda, "Kamu ingin menanyakan tentang kebaikan?"
"Benar, ya Rasulullah," Kata Wabishah.
"Tanyalah kepada hatimu sendiri," Kata Nabi SAW.     
            Sesaat kemudian beliau bersabda lagi menjelaskan, "Kebaikan itu adalah sesuatu yang membuat jiwa menjadi tenang dan juga membuat hati menjadi tenang. Sedangkan dosa (kejahatan) itu adalah sesuatu yang membuat kacau terhadap jiwa dan menimbulkan keragu-raguan di dalam hati, walaupun orang-orang memberi nasehat kepadamu…!!"

2 komentar:

  1. terkadang dari hati ada juga bisikan Untuk melakukan Nafsu syahwat.. sungguh kekuatan hanya milik Allah. berilah kami petunjuk untuk selalu dijalan mu

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus